Jenis Alat Pengaman Mobil Yang Perlu Direkomendasikan

Jenis Alat Pengaman Mobil Yang Perlu Direkomendasikan

Pencurian mobil kerap terjadi hampir di setiap daerah, dan sebagai pemilik sebuah mobil apalagi jenis mobil yang merupakan keluaran terbaru tentu sudah memiliki alat pengaman mobil masing-masing. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir pencurian mobil yang tidak mengenal tempat dan waktu. Sehingga anda harus memiliki beberapa alat pengaman yang akan melindungi mobil anda.

Setiap mobil sudah dilengkapi dengan alat pengamannya masing-masing, yang memang berfungsi untuk menghilndari aksi maling. Tetapi kita tetap harus berjaga-jaga dengan memasang alat pengaman yang memungkinkan, dalam membantu mobil tetap aman dan tidak akan dicuri. Ada beberapa alat yang bisa anda gunakan sebagai pengaman mobil anda.

kunci roda
alat pengaman antisipasi pencurian

Macam-Macam Alat Pengaman Mobil Yang Dibutuhkan 

  • Kunci setir

Alat ini merupakan salah satu jenis kunci pengaman terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengunci setir mobil anda. Sehingga pergerakan mobil pun akan terhalang karena telah dikunci oleh kunci setir tersebut. kunci setir dipasang dengan cara mengaitkan bagian setir mobil, dengan salah satu komponen di mobil seperti rem, kopling atau gas.

Sehingga mobil pun tidak bisa bergerak karena telah dikunci atau dikaitkan. Ada beberapa jenis kunci setir mobil yang bisa diaplikasikan ke mobil anda, diantaranya yaitu :

  1. Hipowerlock
  2. Hipowerlock alarm
  3. Yale
  4. Hipewerlock lock heavy duty
  • Kunci roda

Kunci roda merupakan salah satu alat pendukung keamanan yang biasa dipasang di mobil. Fungsi dari kunci roda ini adalah untuk membuka baut dan untuk menempatkan kembali tutup roda. Mekanisme dari kerja kunci roda ini adalah mengaitkan velg mobil, sehingga mobil tidak dapat bergerak sehingga dapat meminimalisir aksi pencarian di muka umum.

  • Alarm mobil

Alat pengaman mobil yang bisa anda gunakan berikutnya adalah alarm mobil murah. Alarm adalah bunyi peringatan yang terdengar ketika terjadi gangguan pada mobil tersebut. ada banyak tanda yang diberikan oleh alarm tersebut ketika terjadi gangguan pada mobil, misalnya terdapat sinyal dari sein atau lampu mobil, bunyi klakson, atau memberi sinyal GSM.

 

Alarm sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan mobil, karena fungsinya yang tepat dalam menyampaikan adanya sinyal bahaya sehingga pemilik kendaraan akan mengantisipasi dengan cepat saat ada bahaya yang mengancam. Sebaiknya alarm juga disambungkan ke dalam speaker mobil, jika kabel klakson diputuskan alarm akan berbunyi.

  • Immobilizer

Immobilizer adalah salah satu pengaman mobil terbaru yang di mana sistem pengamanannya disimpan di dalam mobil. Sistem kerjanya yaitu dengan cara mencocokkan kode pada kunci, dengan kode yang terdapat di perangkat mobil. Jika ternyata kode mobil tidak sama maka mobil pun tidak akan bisa dinyalakan.

 

Sistem pengamanan pada mobil yang bisa anda jadikan pilihan dalam memproteksi kendaraan anda adalah immobilizer ini. tetapi sebelum memutuskan untuk menggunakan immobilizer ini, pastikan bahwa mobil anda sudah dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik.

  • Pelacak GPS

GPS atau Global Positioning System adalah salah satu perangkat keamanan pada mobil, yang sudah memanfaatkan sistem satelit GPS dan GSM/GPRS. Yang di mana sistem kerjanya yaitu dengan mengirim data koordinat untuk melacak posisi kendaraan agar mudah ditemukan. Pemasangan sistem GPS ini akan sangat membantu meminimalisir terjadinya pencurian.

  • Chip kontak

Yang dimaksud dengan chip kontak adalah alat pengaman tambahan pada mobil, yang menggunakan sistem sensor. Sensor chip ini hanya mampu terbaca di kunci kontak mobil. Sensor tersebut dapat dipasang di kap mobil dan ketika alarmnya dibuka, maka akan berbunyi. Ada banyak jenis sensor tersebut misalnya sensor bayang dan sensor getar.

  • Sling

Sling atau yang dikenal dengan istilah kawat baja adalah salah satu alat pengaman mobil, yang sulit diputuskan. Alat pengaman ini sudah dikombinasikan dengan gembok hardened yang ukurannya besar, dan memiliki pengait yang pendek sehingga akan menyulitkan jika anda menembusnya dengan gunting gembok.

  • Pemutus listrik

Memasang pemutus listrik bisa jadi alternatif lain dalam meningkatkan keamanan pada mobil anda. Karena saklar rahasia yang terpasang di mobil tersebut memiliki fungsi untuk memutuskan aliran di dalam mobil sehingga saat saklar diaktifkan dan listrik diputus aki mobil pun tidak dapat dihidupkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *